Contoh Soal Biologi Kelas 11 Bab Sistem Pencernaan Makanan ~ Pembahasan Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang

Mei Inarti
0

Contoh Soal Biologi Kelas 11 Bab Sistem Pencernaan Makanan ~ Pembahasan Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang. Pembaca Readklikshare, berikut ini kami sajikan contoh soal Biologi kelas 11 SMA/MA dan jawabannya Bab Sistem Pencernaan Makanan ~ Pembahasan Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang.


Pada contoh soal dan jawaban Biologi ini khusus membahas bagian Pembahasan Makanan Sehat, Bergizi, dan Seimbang. Silahkan dibaca, dipelajari, dan jangan lupa berbagi lewat WhatsaApp, Facebook, atau Twitter dan lainnya. Semoga contoh soal dan jawaban ini dapat ikut menemani Pembelajaran Jarak Jauh Anda selama pandemi Covid-19 belum benar-benar hilang dari bumi Indonesia ini khususnya, dan seluruh bumi tentunya.

A. Jawablah soal-soal berikut dengan memilih huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang benar!

1. Perhatikan beberapa fungsi zat makanan berikut:
1) sumber energi
2) untuk pertumbuhan, perbaikan, dan pemeliharaan sel-sel tubuh
3) menjadi pelindung alat-alat tubuh
4) sebagai pembentuk enzim
5) menjaga suhu tubuh

Fungsi protein terdapat pada nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 5)
c. 2) dan 4)
d. 3) dan 4)
e. 3) dan 5)

Jawaban: a

2. Perhatikan beberapa hal berikut.
1) Insisivus memiliki bentuk untuk menggigit makanan berupa rumput.
2) Premolare memiliki bentuk datar dan lebar.
3) Ukuran usus lebih pendek.
4) Adanya koloni bakteri dan Protozoa pada lambungnya.
5) Struktur lambung memiliki empat ruangan, yaitu: rumen, retikulum, omasum, dan abomasum.
Pernyataan tersebut yang bukan merupakan struktur khusus sistem pencernaan Ruminansia terdapat pada . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 4)
d. 3) dan 4)
e. 3) dan 5)

Jawaban: b

3. Perhatikan gambar berikut:

Gambar di atas adalah gambar gigi permanen. Bagian yang ditunjuk x, y, dan z berturut-turut. . . .
a. insisivus sentral, premolare kedua, dan molare pertama
b. insisivus lateral, premolare ketiga, dan molare kedua
c. insisivus lateral, premolare kedua, dan molare kedua
d. insisivus sentral, premolare kedua, dan molare ketiga
e. insisivus sentral, premolare kedua, dan molare kedua

Jawaban: c

4. Proses pencernaan makanan yang terjadi dalam organ bertanda X yaitu . . . .
a. amilum menjadi maltosa oleh enzim ptialin
b. protein menjadi pepton oleh enzim pepsin
c. pepton menjadi asam amino oleh enzim
tripsin
d. emulsi lemak menjadi asam lemak dan
gliserol
e. pepton menjadi asam amino oleh enzim
erepsin

Jawaban: b

5. Pada gambar soal nomor 17, bagian yang merupakan perut sebenarnya dan bagian yang terdapat populasi bakteri dan Protozoa, berturut-turut ditunjuk pada nomor . . . .
a. 2 dan 5
b. 2 dan 6
c. 5 dan 2
d. 5 dan 6
e. 6 dan 2

Jawaban: e

6. Perhatikan beberapa pernyataan berikut.
1) Sapi mengalami pencernaan selulosa hanya pada rumen.
2) Kelinci mengalami pencernaan selulosa hanya pada sekum.
3) Sekum hewan karnivora lebih kecil dibanding herbivora.
4) Kolon hewan herbivora lebih pendek dibanding karnivora.
5) Pada kuda terjadi pengunyahan makanan dua kali.

Pernyataan yang tidak tepat terdapat pada
nomor . . . .
a. 1) dan 3)
b. 2) dan 4)
c. 3) dan 5)
d. 2) dan 3)
e. 1) dan 5)

Jawaban: c
A. 



1. Sebutkan sumber, fungsi, dan akibat jika kekurangan fluorin (F)!

Jawaban:
Sumber vitamin B3 yaitu hati, daging ikan, dan beras. Vitamin B3 berfungsi untuk membentuk koenzim A, berperan dalam sintesis hormon, dan menjaga kestabilan gula darah.

10. Hewan Ruminansia mempunyai struktur gigi yang khusus dibanding hewan lain. Coba terangkan bagaimana kekhususan struktur gigi hewan Ruminansia!

Jawaban:
Hewan Ruminansia memiliki struktur gigi yang khusus, yaitu:
a. Gigi serinya memiliki bentuk yang sesuai untuk menjepit makanan.
b. Tidak memiliki gigi taring (gigi taring tidak berkembang).
c. Gigi geraham berbentuk datar dan lebar.

15.  Apa perbedaan proses masuknya makanan ketika sapi minum air dengan ketika makan makanan padat (rumput)?!

Jawaban:
Pada saat sapi makan, makanan disalurkan dari mulut ke rumen melalui kerongkongan. 
Terjadi pencernaan di rumen, lalu makanan dikembalikan ke mulut untuk dikunyah lagi.
Makanan disalurkan kembali ke rumen untuk selanjutnya mengalami pencernaan di retikulum – omasum – abomasum.
Pada saat sapi minum, air dari kerongkongan langsung menuju abomasum melewati saluran di antara rumen dan retikulum, sehingga air melalui mulut – esofagus – omasum – abomasum.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)